PENAWARAN BEASISWA MAHASISWA UNIDHA

 Untuk mendorong terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas, Universitas Dharma Andalas secara rutin memberikan dukungan berupa beasiswa melalui jalur berprestasi dan bantuan  jalur ekonomi membutuhkan. Beasiswa ini bekerjasama dengan berbagai pihak dan institusi dengan seleksi berdasarkan kriteria akademis dan non-akademis. Pada tahun 2016 UNIDHA menyalurkan beasiswa kepada 61 mahasiswa dan meningkat pada tahun 2017 menjadi 95 orang mahasiswa.

Jenis-jenis beasiswa yang dapat diterima oleh mahasiswa UNIDHA antara lain:

1. Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) diinisiai bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk diberikan kepada mahasiswa  kurang mampu dalam membiayai pendidikannya ataupun kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik dalam bidang kurikuler maupun ekstrakurikuler

 2. Beasiswa Bank Bagari

Bank Nagari ialah bank daerah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Sumatera Barat. Bank Nagari didirikan pada tanggal 12 Maret 1962 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (PT BPD Sumbar). Mengingat pentingnya pendidikan bagi peningkatan perekonomian, Bank Nagari turut serta memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa unggulan dikampus UNIDHA.

3. Beasiswa PT. Semen Padang

PT Semen Padang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM) yang merupakan pabrik semen pertama di Indonesia. Perusahaan dinasionalisasi oleh Pemerintah Republik Indonesia dari Pemerintah Belanda pada tanggal 5 Juli 1958. Beasiwa PT. Semen Padang merupakan kerjasama akademik UNIDHA dengan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Padang dan afiliasinya.

4. Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Info lebih jauh terkait Bidikmisi dapat mengunjungi laman berikut: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

5. Beasiswa Yayasan

Komitmen Yayasan Pendidikan Dharma Andalas (YPDA) dalam membantu peserta didik di UNIDHA dituangkan melalui beasiswa Yayasan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dan membutuhkan secara ekonomi.

6. Beasiswa ZIS Dal Bank

Dal Bank adalah Bank yang beroperasi dalam lingkup UNIDHA sebagai institusi pembantu sistem keuangan dan pembelajaran bagi mahasiswa. Beasiswa ZIS Dal Bank ini bersumber dari dana Zakat, Infaq dan Sadaqoh yang dihimpun oleh Dal Bank.