Dua Prodi Unidha Raih Akreditasi B

Kado istimewa diperoleh Universitas Dharma Andalas (Unidha) menjelang pengujung tahun 2016. Dua dari tiga program studi (prodi) yang melakukan proses reakreditasi tahun ini, berhasil memperoleh akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sedangkan satu prodi lagi, diyakini dalam waktu dekat hasilnya juga dikeluarkan BAN-PT.

Kedua prodi yang berhasil meraih akreditasi B itu adalah, Prodi DIII Manajemen Perusahaan dengan SK (surat keputusan) BAN-PT 2825/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016 dan Prodi S-1 Manajemen dengan SK (surat keputusan) BAN-PT 2901/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016.

Kedua akreditasi ini dikeluarkan BAN-PT tertanggal  1 Desember 2016 lalu yang ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Basaruddin.

”Sedangkan satu prodi yang belum keluar SK (surat keputusan, red) akreditasinya, yakni Prodi DIII Akuntansi. Menurut informasi yang kita terima, keputusan BAN-PT-nya dalam waktu dekat dikeluarkan,” ujar Sekretaris Unidha Drs Alfitri MSi kepada Padang Ekspres di ruangannya, kawasan Simpangharu, Padang, kemarin (20/12).

Dia menyebut, keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras dan kesolidan tim kerja masing-masing prodi yang sama-sama berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu. Termasuk, jajaran pimpinan fakultas, rektorat dan keseluruhan pihak yang turut membantu.

Mulai dari melengkapi borang akreditasi, mengirimkannya ke BAN-PT sekitar Juni 2016 lalu. Lalu, proses visitasi yang dilakukan asesor dari BAN-PT pada September 2016 lalu. Akhirnya, akreditasi itu dikeluarkan BAN-PT 1 Desember.

”Kita jelas mengapresiasi keberhasilan ini. Mudah-mudahan hal ini bisa memotivasi prodi-prodi lain (10 prodi) yang kini tengah mempersiapkan proses akreditasi. Rencananya, tahun depan empat prodi lain juga bakal melaksanakan proses akreditasi (prodi baru, red). Yakni, S-1 Akuntansi, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Sistem Informasi dan S-1 Ilmu Komunikasi. Keempat prodi ini baru berdiri 2014 lalu,” jelas dia.

Sedangkan tahun 2018, tambah dia, giliran empat prodi lain dipersiapkan mengikuti proses akreditasi. Yakni, S-1 Farmasi, S-1 Teknik Mesin, S-1 Teknik Sipil dan S-1 Teknologi Industri Pertanian.

”Diharapkan, proses akreditasi ini berjalan sesuai rencana dan hasilnya minimal B. Dengan begitu, keberadaan Unidha semakin mendapat tempat di masyarakat,” ujar pria yang juga dosen FISIP Unand itu.

Sementara itu Rektor Unidha Dr Rahmi Fahmy SE MBA turut berbahagia atas keberhasilan ini. Dia berharap hasil terbaik berhasil diraih prodi-prodi yang akan melaksanakan proses akreditasi dan reakreditasi di Unidha. Dengan begitu, Unidha bisa berdiri sejajar dengan perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang ada di Indonesia.

”Di samping itu, lewat dukungan Ketua Dewan Pembina yang juga MenPAN-RB Asman Abnur, kita juga melengkapi fasilitas yang ada di Unidha ini. Tentu, dukungan semua pihak sangat dibutuhkan,” ujar Rahmi yang tengah bertugas ke luar daerah itu. (*)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *